- Visi Program Studi PPG
Program Pendidikan Profesi Unggul, Inovatif, Kontributif
Yang Menghasilkan Tenaga Guru Profesional,
Berwawasan Guru Masa Depan dan Internasional.
Unggul adalah dari beberapa program studi PPG yang telah ada dan tersebar di seluruh Indonesia, program studi PPG Universitas Ivet termasuk yang unggul dan memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh program studi sejenis yang telah berdiri. Maksud dari kata unggul dalam Visi Universitas Ivet adalah merupakan salah satu Universitas yang termasuk Unggul dari beberapa Universitas yang unggul lingkup regional (Jawa Tengah dan provinsi sekitarnya), atau dengan kata lain sejajar dengan universitas yang unggul dari beberapa Universitas setempat. Pengertian unggul memiliki makna substantif dalam hal kompetitif yang bernilai sangat tinggi. Hasil produk Universitas Ivet berupa karya-karya dosen dan mahasiswa dapat dikompetisikan di tingkat regional dan nasional. Produk yang dikompetisikan berupa hasil tri dharma perguruan tinggi, pengelolaan perguruan tinggi dan Soft Skill civitas akademika.
Program studi PPG FKIP Universitas Ivet memiliki keunggulan terutama dalam pembentukan karakter sebagai guru masa depan. Salah upaya untuk membentuk karakter yang mampu mengamalkan Pancasila setiap awal pembelajaran selalu diawali dan diakhiri dengan “Salam Pancasila”. Hal sebagai upaya untuk mengingat setiap mahasiswa PPG baik yang sudah menjadi guru dalam Program PPG dalam Jabatan maupun mahasiswa PPG Prajabatan, sehingga mereka memiliki tanggung jawab untuk menjadi guru yang selalu mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai salah satu indikator “Guru Masa Depan”. selain itu saat ini PPG Universitas Ivet sedang mengembangkan kurikulum elektif yang diberikan nama mata kuliah “Micro Reflektif”. mata kuliah ini dikembangkan dengan tujuan mematangkan kompetensi mahasiswa agar memiliki kemampuan mengajar yang benar-benar bisa diandalkan sesuai tuntutan sebagai guru yang profesional dan guru masa depan.
Inovatif artinya menciptakan sesuatu yang belum pernah ada atau menciptakan segala sesuatu yang berbeda. Program Studi PPG menciptakan tenaga guru yang mampu melakukan inovasi pembelajaran yang dibekali kemampuan praktek secara langsung dengan memanfaatkan perkembangan teknologi Informasi. Diharapkan profil lulusan dapat menciptakan inovasi Pembelajaran, sehingga peserta didik dapat belajar dengan nyaman dan merasa aman. Pembelajaran di Program Studi PPG calon guru berbasis luring dengan blended learning 80% tatap muka secara langsung, 20% pembelajaran online. sedangkan PPG Dalam Jabatan (Guru tertentu) menggunakan 100% online.
Kontributif artinya bahwa Program Studi PPG ikut serta memberikan kontribusi untuk masyarakat. Wujud nyata dalam kegiatan tri dharma berupa pengabdian kepada masyarakat. Dosen bersama mahasiswa memberikan pelatihan dan sosialisasi kepada masyarakat sesuai dengan keilmuan yang dimiliki. Kurikulum Pembelajaran Program Studi PPG diprogramkan mata kuliah Projek Kepemimpinan yang memiliki arah untuk melatih mahasiswa melakukan kegiatan yang memiliki kemanfaatan kepada masyarakat. Mahasiswa dilatih untuk peka terhadap kebutuhan masyarakat di sekitarnya dengan melakukan identifikasi apa yang dibutuhkan masyarakat. sehingga mereka mampu memberikan kontribusi program dan menjadi manajer dalam kegiatan ini. Harapannya mahasiswa mampu memberikan kontribusi untuk memecahkan masalah yang ada di masyarakat. selain itu mahasiswa diharapkan mampu dan melatih diri untuk menjadi manajer dalam aktivitas penyelesaian masalah yang mereka rencanakan.
Profesional artinya Program Studi PPG memiliki visi untuk menghasilkan guru yang profesional.Profesional dapat juga dikatakan lulusan atau alumni yang menjalankan profesi sesuai bidangnya. Tiga hal pokok dari seorang guru yang profesional memiliki : a). Skill: ahli di bidangnya; b). Knowledge content: minimal menguasai dan berwawasan mengenai ilmu lain yang berkaitan dengan bidangnya; c). Attitude: bukan hanya pandai, tetapi harus memiliki etika yang diterapkan dalam bidangnya. Guru profesional memiliki indikator memiliki kompetensi Profesional, kompetensi pedagogik, yang dijabarkan dalam tujuan penyelenggaraan PPG di Indonesia bertujuan untuk pemenuhan kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional guru sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
Program studi PPG memiliki program yang menunjang untuk membentuk guru yang profesional. Pembelajaran dilaksanakan dengan mendasarkan mata kuliah yang diprogramkan oleh pemerintah melalui kurikulum inti, kurikulum selektif, dan kurikulum elektif. Saat ini PPG Universitas Ivet sedang mengembangkan kurikulum elektif yang diberikan nama mata kuliah “Micro Reflektif”. mata kuliah ini dikembangkan dengan tujuan mematangkan kompetensi mahasiswa agar memiliki kemampuan mengajar yang benar-benar bisa diandalkan sesuai tuntutan sebagai guru yang profesional dan guru masa depan.
Technopreneur artinya Program studi PPG memilki visi untuk menghasilkan guru yang memiliki kompetensi tentang kompetensi kewirausahaan berbasis bisnis pendidikan dengan memanfaatkan teknologi. Hal ini memiliki harapan alumni tidak hanya memiliki kompetensi dasar sebagai guru profesional saja, tetapi memiliki nilai tambah dengan kemampuan kewirausahaan dengan memanfaatkan teknologi (Technopreneur) yang tidak mengganggu tugas pokok sebagai guru. Technopreneur yang dimiliki mahasiswa PPG justru menjadi wahana untuk menunjang pengembangan profesionalisme yang berkelanjutan.
Untuk mewujudkan salah satu visi ini, Program studi PPG menerapkan mata kuliah Projek Kepemimpinan menjadi program penopang untuk melatih mahasiswa berwira usaha secara praktik dan berkolaborasi dengan masyarakat. Selain Program studi PPG menggandeng alumni Universitas Ivet yang sudah menjadi tutor tingkat nasional dalam bidang enterpreneur untuk membekali dan mendampingi mahasiswa PPG mengembangkan kompetensinya di bidang Technopreneur.
Berwawasan guru masa depan adalah salah satu visi penting dalam program PPG di Indonesia. Guru masa depan memiliki indikator: a). Pancasila (Guru yang mampu mengamalkan nilai-nilai Pancasila); b). Teladan (Guru yang memiliki komitmen menjdi telada); c). Kompeten (Menguasai kompetensi dasar Guru, berorientasi utama kepada peserta didik dan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik; dan d). Pembelajar sepanjang hayat (menjadi pembelajar sepanjang hayat dan memiliki dasar-dasar kepemimpinan. Oleh karena itu salah satu kata kunci visi PPG Universitas Ivet adalah memiliki wawasan guru masa depan.
Berwawasan Internasional artinya Program Studi PPG sangat peka terhadap perkembangan teknologi yang ada di Indonesia dan di dunia internasional, Hal tersebut di lakukan dengan saat tugas-tuga pembelajaran melakukan review hasil penelitian sebagai dasar untuk melakukan inovasi pembelajaran dan merancang penelitian yang menjadi isu-isu strategis di Indonesia dan dunia internasional. Program Studi Pendidikan PPG membuka diri dengan perubahan-perubahan yang terjadi hasil dari pengetahuan di dunia internasional.
- Misi Program Studi PPG
- Menyelenggarakan pendidikan profesi yang berkualitas untuk menghasilkan tenaga guru yang profesional, Berwawasan Guru Masa Depan dan Internasional. .
- Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian masyarakat di bidang profesi guru yang berkontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi Berwawasan Guru Masa Depan dan Internasional..
- Menyelenggarakan tata kelola organisasi yang baik, mengembangkan kelembagaan, dan meningkatkan kualitas SDM, serta sarana prasarana program PPG.
- Membangun jejaring nasional dan internasional untuk memperluas dan memperkuat kerjasama dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terkait dengan program PPG yang bermanfaat bagi bangsa dan negara.
- Tujuan Program Studi PPG
- Menyelenggarakan pendidikan profesi yang berkualitas untuk menghasilkan tenaga guru yang profesional, Berwawasan Guru Masa Depan dan Internasional..
- Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian masyarakat di bidang PPG yang berkontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berbasis wawasan Guru Masa Depan dan Internasional..
- Menyelenggarakan tata kelola organisasi yang baik, mengembangkan kelembagaan, dan meningkatkan kualitas SDM, serta sarana prasarana program PPG.
- Membangun jejaring nasional dan internasional untuk memperluas dan memperkuat kerjasama dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terkait dengan program PPG yang bermanfaat bagi bangsa dan negara.
- Profil Lulusan
Universitas Ivet memiliki komitmen yang kuat untuk profil lulusan Progran Pendidikan Guru.
- Rumusan Profil Lulusan PPG Universitas Ivet mengacu pada profil guru masa depan yang sebagai berikut:
“Guru yang mengamalkan nilai-nilai Pancasila, menguasai kompetensi dasar guru, berorientasi utama kepada peserta didik dan pembelajaran peserta didik, berkomitmen menjadi teladan dan pembelajar sepanjang hayat serta memiliki dasar-dasar kepemimpinan dan berwawasan Internasional”.
- Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)
Capaian Pembelajaran Lulusan Prodi PPG prajabatan FKIP Universitas Ivet terdapat tujuh poin yaitu:
- Mampu melaksanakan tugas keprofesian sebagai pendidik yang dilandasi sikap cinta tanah air, berwibawa, tegas, disiplin, penuh panggilan jiwa, samapta, disertai dengan jiwa kesepenuhhatian dan kemurahhatian;
- Mampu merumuskan indikator capaian pembelajaran berpikir tingkat tinggi yang harus dimiliki peserta didik mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara utuh (kritis, kreatif, komunikatif dan kolaboratif) yang berorientasi masa depan (adaptif dan fleksibel);
- Menguasai materi ajar termasuk advance materials secara bermakna yang dapat menjelaskan aspek “apa” (konten), “mengapa” (filosofi), dan “bagaimana” (penerapan) dalam kehidupan sehari-hari;
- Mampu merancang pembelajaran dengan menerapkan prinsip memadukan pengetahuan materi ajar, pedagogik, serta teknologi informasi dan komunikasi atau Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) dan pendekatan lain yang relevan;
- Mampu melaksanakan pembelajaran yang mendidik dengan menerapkan teknologi informasi dan komunikasi untuk membangun sikap (karakter Indonesia), pengetahuan, dan keterampilan peserta didik dalam memecahkan masalah secara kritis, humanis, inovatif, kreatif, kolaboratif, dan komunikatif, dengan menggunakan model pembelajaran dan sumber belajar yang didukung hasil penelitian;
- Mampu mengevaluasi masukan, proses, dan hasil pembelajaran yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan peserta didik dengan menerapkan asesmen otentik, serta memanfaatkan hasil evaluasi untuk perbaikan kualitas pembelajaran; dan
- Mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan sebagai guru profesional melalui penelitian, refleksi diri, pencarian informasi baru, dan inovasi.